Skotlandia pada Perjalanan Minggu: Berkayak di Gorges de L’Ardeche di tenggara Prancis adalah pembuka mata bagi Camper Van dan wisatawan Motorhome Martin Dorey

Kayaker dan perenang beristirahat dari jeram di tepi sungai.

Mengemudi dan berkayak di Gorges de l’Ardèche adalah perjalanan klasik Prancis yang harus dicoba setiap orang setidaknya sekali. Ngarai itu sendiri adalah tempat keindahan dan kemegahan yang agung. Mengemudinya tidak akan memakan waktu lama tetapi akan memberi Anda banyak kesempatan untuk berhenti dan melongo. Perjalanan menyusuri sungai dengan kayak adalah sesuatu yang sama sekali berbeda. Anda akan melewati para nudis, menyusuri jeram yang menakutkan, dan tebing-tebing besar berleher karet sementara burung nasar berputar-putar di atas. Dan jika agak panas, Anda bisa melepas pakaian dan menyelam.

Kami tiba di St Martin D’Ardeche dengan satu misi: berkayak di ngarai Ardeche. Itu adalah sesuatu yang ingin saya lakukan untuk sementara waktu. Setelah melihat gambar orang berkayak di bawah dinding batu kapur besar di ngarai yang terkenal ini, saya sangat ingin melakukannya juga. Satu-satunya masalah adalah bagaimana.

Daftar ke buletin harian kami

buletin saya memotong kebisingan

Kami memiliki kayak dan perlengkapan. Yang kita butuhkan hanyalah tumpangan ke atas sungai. Sederhana? Tidak selalu. Kami naik dan pergi ke desa untuk mencari jawaban. Jalur yang membentang di sepanjang sungai berbatu dan berpasir dengan pantai di sepanjangnya tempat orang berenang, berkayak, dan SUPing. Ini sibuk dan berdengung. Kami menemukan tiga orang Inggris memuat kayak ke dalam van dan menanyakan apakah mereka dapat menawarkan kami transportasi. Mereka menyarankan Cyrile. Kami pergi menemui Cyrile dan dia bilang mereka sibuk, trailernya penuh. Kami pergi ke perusahaan lain, tetapi sama saja: ini musim ramai. Mereka semua penuh.

Saat kami berjalan kembali ke perkemahan kami, dengan sedikit putus asa, saya melihat seseorang yang belum kami dekati. Dalam beberapa menit kami memesan bus untuk membawa kami ke titik keberangkatan 24kms hulu pada pukul delapan pagi berikutnya.

Kami muncul, membayar, dan menunggu lift kami, yang, ternyata, berada di dalam van oranye cerdik yang mungkin tidak boleh melintas di tikungan sempit ratusan meter di atas ngarai Ardeche. Aku mencengkeram kursiku sepanjang jalan. Untungnya kami berhasil mencapai awal dengan utuh, meskipun sedikit terguncang, dan terjatuh. Kami meluncurkan, mendorong ke sungai yang mengalir cepat.

Ada banyak orang lain di sini juga, kebanyakan dari mereka menyewa kayak duduk di atas. Ada anak-anak dan anjing di kayak juga. Sepertinya ini adalah hal yang harus dilakukan, bukan hanya untuk saya tetapi juga untuk semua orang.

Selain dari orang-orang sungai itu indah. Dinding ngarai berbentuk vertikal, membentuk lingkaran batu abu-abu datar yang tingginya ratusan meter. Kadang-kadang dinding menjorok ke air, sementara di lain waktu mereka terbuka. Di tikungan ada pantai batu kapur dan pasir. Di bagian luar tikungan, air mengalir lebih cepat, bergerak lebih jauh dan dengan sedikit hambatan. Di beberapa tempat, hutan tumbuh di tepian. Ada pinus dan juniper dan, ketika kami berhenti untuk camilan, kami melihat sage, marjoram, dan thyme tumbuh di antara celah-celah batu kapur. Airnya jernih dan hijau, dengan ikan-ikan yang berkeliaran di perairan dangkal. Dari air kita melihat ke ngarai dan dindingnya yang tidak dapat diukur. Kami melihat seekor burung raptor besar terbang di atas kami sementara crag martins melayang-layang. Kupu-kupu, kumbang, dan capung meluncur di atas air.

Berperahu kayak di Gorges de l’Ardèche di tenggara Prancis, dari Take the Slow Road: France oleh Martin Dorey.

Saat kami mencapai kecepatan pertama kami, saya menyerangnya, mengambil garis lurus ke bagian terdalam dan tercepat. Aku bertanya-tanya bagaimana orang lain akan tarif. Beberapa orang berhenti mengayuh saat mereka menabrak jeram, yang lain berbalik dan beberapa goyah dan berteriak saat mereka menuju ke hilir di luar kendali.

Di jeram lain kami melihat penjaga pantai memandu semua orang ke garis teraman di sekitar batu besar, dan di lain waktu, di mana tidak ada penjaga pantai, kami melihat kano yang terbalik, orang-orang berpegangan pada batu dan jaket pelampung mengambang di hilir. Kami membantu mengambil satu posisi duduk yang terbalik. Kami dapat mendengar jeritan dan teriakan para pembuat kayak jauh sebelum kami mencapai setiap rangkaian jeram.

Di satu bagian kami melewati tempat perkemahan nudist, di salah satu dari beberapa titik akses. Saya tidak berharap melihat seorang wanita telanjang tergeletak di atas batu tepat saat saya akan menabrak jeram jadi itu sedikit meleset. Sepasang suami istri dengan kulit kasar dan kecokelatan berdiri di perairan dangkal dan mengawasi kami saat kami lewat. Saya melihat lebih banyak orang berbaring di tepi sungai, berenang atau menonton kami, dan mereka semua telanjang. Rasanya seperti saya telah mendayung ke dunia lain, di mana tekstil seperti saya dimakan atau diperlakukan seperti raja. Saya tidak (tidak bisa) menunggu untuk mencari tahu, meskipun saya sendiri tidak mau berenang, dan air membawa saya ke hilir.

Saat kami semakin dekat dengan waktu makan siang, orang banyak mereda – tidak diragukan lagi menjunjung tinggi seni makan siang Prancis yang mulia dan baik – dan kami menemukan diri kami dalam peregangan dengan beberapa pembuat kayak lainnya.

Kayak adalah cara populer untuk melihat Gorges de l’Ardèche, dan merupakan salah satu perjalanan yang tercakup dalam Take the Slow Road: France oleh Martin Dorey.

Kami berhenti untuk makan siang sendiri di lempengan batu kapur yang licin di depan kolam yang dalam dan tepat sebelum bagian jeram. Cuacanya panas jadi kami masuk ke air untuk berenang. Ada ikan kecil yang berenang di air dangkal dan ikan yang lebih besar berenang di air yang lebih dalam. Lizzy duduk di atas batu untuk memakan croissantnya dan melihat seekor ular di dalam air: itu adalah ular air viperine kecil. Kami tidak berenang lagi.

Sungai melambat saat kami semakin dekat ke St Martin D’Ardeche dan temboknya runtuh. Airnya dalam dan gelap di sini dan ada orang di mana-mana, melompat, berenang, dan kayak. Kami mendayung ke panggung pendaratan dan berjuang keluar dari perahu kami. Kami sudah berada di air selama lima jam. Ini luar biasa, kami setuju. Kami telah melihat satwa liar yang luar biasa, kami telah sedikit menantang diri kami sendiri, kami telah melihat pembantaian di jeram dan kami telah melihat banyak orang bersenang-senang di tempat yang sangat istimewa.

Saya ingin melakukannya lagi.

Ekstrak yang diedit dari Take the Slow Road: France oleh Martin Dorey, yang terbaru dalam seri campervanning Take the Slow Road yang mencakup Skotlandia, Inggris & Wales, dan Irlandia. Semua tersedia untuk dibeli sekarang. (Bloomsbury, £20)

Tebing spektakuler Gorges de l’Ardèche di tenggara Prancis, paling baik dilihat dari sungai.

Baca selengkapnya

Skotlandia pada Perjalanan Minggu: Derby Gaucho berlari kencang melalui Patagonia

Pesan dari Redaksi:

Terimakasih telah membaca artikel ini. Kami lebih mengandalkan dukungan Anda daripada sebelumnya karena perubahan kebiasaan konsumen yang disebabkan oleh virus corona berdampak pada pengiklan kami.

Jika Anda belum melakukannya, pertimbangkan untuk mendukung jurnalisme tepercaya dan teruji fakta kami dengan berlangganan digital.

Ambil Jalan Lambat: Prancis oleh Martin Dorey, Paperback £20, Ebook, £16, diterbitkan oleh Bloomsbury.